Jakarta, Aktual.com — Beberapa waktu yang lalu beredar kabar bahwa jelang reshuffle kabinet di bidang ekonomi telah mengkerucut pada dua calon. Dua calon tersebut adalah Rizal Ramli dan Darmin Nasution.

Terkait dengan itu, peneliti Lingkar Studi Perjuangan (LSP) Agus Priyanto, mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk lebih cermat dalam memilih calon yang akan ditempatkan sebagai menteri di bidang ekonomi. Sebab, siapa-pun figur yang dipilih oleh Presiden Jokowi harus mampu menyelesaikan segudang persoalan ekonomi yang belum tertuntaskan oleh menteri di bidang ekonomi sekarang ini.

“Melihat rekam jejak masing-masing, menurut saya penting untuk diketahui prestasi apa yang pernah dicapai ketika berada dalam pemerintahan. Selain itu, ditengah kedodoran pemerintah dalam menanggapi gejolak ekonomi internasional dan dalam negeri, penting untuk dipertimbangkan pengalaman masing-masing calon nahkoda tim ekonomi dalam kebinet Jokowi-JK,” tutur Agus, dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/08/2015).

Yang tak kalah pentingnya dalam mengembalikan kredibilitas pemerintahan Jokowi-JK, menurut Agus, calon nahkoda tim ekonomi harus memiliki integritas tinggi dan keberpihakan yang jelas terhadap konstitusi, yakni Trisakti dan Nawacita.

Artikel ini ditulis oleh: