Jakarta, Aktual.com —Gubernur DKI Basuki Tjahja Purnama (Ahok) resmi melantik Tri Kurniadi menjadi Wali Kota Jakarta Selatan. Tri menggantikan Walikota sebelumnya Syamsuddin Noor yang dicopot lantaran terlalu baik.

Dalam sambutannya, Ahok langsung memberikan deretan tugas kepada Tri yang sebelumnya adalah Wakil Walikota Jakarta Selatan.

“Pak Tri ini tugasnya agak banyak. Kalau dipikir saya orangnya tidak sabar, saya ini sabar menanti transformasi Jaksel 2 tahun. Hampir semua lurah, camat, melakukan pembiaran peruntukan. Tidak didatangi dan tidak dibongkar, PKL dan penjual lapak terus merajarela,” kata Ahok di Balai Kota, Kamis (13/8).

Ahok juga menyentil soal kotornya air parit yang ada di wilayah Jaksel. Saking kotornya air berwarna hitam pekat. Menurutnya, kawasan bersih dan tertata rapi hanya menyentuh jalur utama di Jaksel saja. Tapi, begitu masuk ke dalam kawasan perkampungan pemandangan itu berubah drastis.

“(Jakarta) Selatan betul terlalu enak, joroknya minta ampun. Jalan protokol bagus tapi kampung-kampung jorok, got, rumput dan sampah tidak terawat. Lurah-camat keenakan,” sambungnya.

Tak lupa, Ahokpun langsung melontarkan ancamannya jika Tri tidak bisa memperbaiki permasalahan di Jakarta Selatan setelah menjadi walikota.

“Saya enggak peduli kalau Anda enggak kerja dengan benar, saya pecat. Jangan coba-coba ancam saya, saya enggak takut. Ini (Jakarta) Selatan memang sudah keterlaluan. Enggak ada urusan Jakarta mau banyak Betawi atau enggak, ini masih Indonesia,” tegasnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Andy Abdul Hamid