Jakarta, Aktual.com —  Direktur Jendral Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, Rida Mulyana kembali mengingatkan bahwa energi fosil yang menjadi sumber energi andalan masyarakat Indonesia saat ini, semakin lama akan semakin habis, sehingga tidak akan mencukupi kebutuhan manusia yang semakin lama semakin besar.

“Energi yang kita nikmati sekarang 96% energi yang akan habis. Memang sekarang ini masih ada tapi makin lama makin habis. Karena yang ada tidak akan mencukupi kebutuhan manusia,” kata Rida dalam diskusi energi terbuka di Gedung Usmar Ismail Marzuki, Jakarta, Jumat (14/8).

Untuk itu, Rida mengajak seluruh masyarakat agar mulai berhemat dan beralih ke energi baru terbarukan sedari sekarang.

“Saya mau mengajak agar kondisi itu jangan lagi dipertahankan, karena kita juga dianugerahi oleh Tuhan energi baru dan terbarukan. Kaitannya dengan anak muda, manfaatkan segala macam ke energi yang terbarukan, harus berhemat,” terang dia.

Menurutnya, kegiatan hemat energi ini juga sebagai bentuk tenggang rasa kepada masyarakat Indonesia yang belum bisa menikmati energi, baik dalam bentuk listrik ataupun Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Karena kasian yang belum kebagian energi. Ini menyangkut rasa keadilan. Tolong mulai dari sekarang, mulai dari diri sendiri untuk berhemat. Itu menentukan masa depan kita. Perlu dilakukan sedini mungkin. kita bangun energi ini bareng-bareng,” ungkap dia.

Artikel ini ditulis oleh:

Eka