Jakarta, Aktual.com – Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zulkieflimansyah mengatakan pendekatan ekonomi yang tercermin dalam pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) tidak jauh berbeda dengan pemerintahan sebelumnya.

“Penguatan industri dalam negeri hanya sekedar wacana dan tidak didukung secara maksimal,” ujarnya diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (15/8).

Menurut dia, seharusnya pemerintah terus mendorong penguatan industri dalam ekonomi terbuka seperti sekarang ini. Pasalnya, ekonomi negara manapun selama basis industri (industrial based) nya tidak kuat maka akan rentan terhadap guncangan.

“Sayangnya, walaupun di tengah upaya membangun optimisme, Pak Jokowi agak lupa menyinggung pentingnya industrialisasi, sebagai peran engine of economic growth,” tegasnya.

Disisi lain, saat berbicara kualitas pertumbuhan ekonomi, dirinya pun menilai Jokowi lupa menyinggung inovasi teknologi. Padahal, sedianya hal tersebut perlu diingatkan karena industri akan bertumbuh dengan inovasi teknologi.

“‎Abainya Jokowi membangun dan menyorot persoalan ini, sehingga perlu diingatkan kembali. Jangan sampai berkutat angka makro tapi lupa ke underlined structurenya,” demikian Zulkieflimansyah.

Artikel ini ditulis oleh: