Jakarta, Aktual.com – Bentrokan warga Kampung Pulo, Jakarta Timur dan satpol PP dipicu lantaran akan ada penggusuran bangunan liar yang berdiri puluhan tahun di atas tanah negara di Bantaran Kali Ciliwung.

Informasinya, bentrokan ini saat negosiasi antara warga dan petugas bubar. Tiba-tiba muncul kericuhan. Diduga berawal dari celetukan petugas satpol PP yang bikin warga tersulut emosinya.

Warga kemudian melempar batu ke arah Satpol PP. Petugas kepolisian kemudian melepaskan gas air mata. Situasi menjadi chaos. Ribuan Satpol PP kembali merangsek ke arah warga. Jalan di ruas Jatinegara Barat juga menjadi sepi. Pengendara menghindari ruas jalan itu.

Dalam negosiasi itu warga meminta agar alat berat berhenti membongkar bangunan. Warga juga meminta waktu untuk membereskan barang dan pindah ke rusun.

Seperti diketahui, Pemprov DKI memang melakukan penggusuran bangunan yang berdiri di atas tanah negara. Warga selama ini tinggal di atas bantaran Kali Ciliwung. Pemprov DKI berencana melakukan revitalisasi Kali Ciliwung guna mencegah banjir.

Artikel ini ditulis oleh: