Jakarta, Aktual.com — Anggota Komisi IV DPR RI, Firman Subagyo mengatakan bahwa keterpurukan rupiah terhadap dolar AS akan mempengaruhi terhadap daya beli masyarakat.

Karena itu, pemerintah harus segera melakukan pembenahan dan menstabilkan perekonomian nasional yang saat ini tengah lemah.

“Karena itu dengan ada kenaikan dolar dan terpuruknya rupiah, akan sangat berpengaruh terhadap daya beli masyarakat. Saya sering katakan suatu multicrisis itu akan terjadi ketika, instabilitas, bila instabilitas itu diawali dari pangan lalu membuat multiplayer effect-nya kemana-mana, bisa krisis ekonomi, keamanan, sehingga pada krisis politik,” kata Firman, Selasa (25/8).

Ia berpandangan, jika dalam sebuah negara terjadi krisis yang berkesinambungan terhadap semua sektor hingga terjadi krisis ekonomi, maka hal itu menunjukan suatu kejatuhan sebuah rezim.

“Contohnya, ketika Bung Karno jatuh karena ketika itu kita mulai dihadapkan pada krisis pangan, lalu pak Harto jatuh pada krisis ekonomi. Di negara manapun sama, dimana semua rezim,”

“Oleh karena itu, ini harus menjadi perhatian serius pemerintah, tidak boleh lagi bermain-main terhadap persoalan yang berkaitan dengan masalah ketahanan pangan nasional,” ucapnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Novrizal Sikumbang