Jakarta, Aktual.com — Pada perdagangan hari ini, Analis First Asia Capital, David Sutyanto memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang menembus level 4500. Sedangkan level support bergeser ke 4385.

“Dengan kondisi pasar global yang bullish dan kenaikan harga minyak mentah, berdampak positif bagi saham berbasiskan komoditas, akan mendorong aksi beli lanjutan pada perdagangan akhir pekan ini,” kata David di Jakarta, Jumat (28/8).

Sementara bursa global tadi malam melanjutkan rally menyusul redahnya kekhawatiran atas perekonomian China dan data pertumbuhan ekonomi AS 2Q15 yang di atas ekspektasi. Indeks Eurostoxx di zona Euro menguat 3,47% di 3280,78. Di Wall Street indeks DJIA dan S&P masing-masing menguat 2,27% dan 2,43% tutup di 16654,27 dan 1987,66.

“Penguatan di Wall Street turut ditopang kenaikan saham sektor energi setelah harga minyak mentah di AS tadi malam melonjak 10% di USD42,78/barel,” ujar dia.

Sebelumnya pertumbuhan ekonomi AS 2Q15 mencapai 3,7% (qoq) melampaui perkiraan 3,2% dan pertumbuhan kuartal sebelumnya 2,3%. Pasar juga menyambut positif kemungkinan tertundanya kenaikan tingkat bunga The Fed yang tadinya diperkirakan September menjadi kemungkinan akhir tahun ini.

“Lonjakan harga minyak mentah tadi malam selain ditopang angka pertumbuhan ekonomi AS juga turut dipicu rencana Venezuela yang akan meminta OPEC melaksanakan pertemuan darurat membahas pemotongan produksi menyusul anjloknya harga minyak mentah sepanjang tahun ini,” tutup dia.

Artikel ini ditulis oleh: