Lhokseumawe, Aktual.com – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, terus mengupayakan peningkatan mutu pendidikan di daerah itu, dengan melakukan berbagai terobosan yang menunjang ke arah tersebut.

Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib melalui Kepala Bagian Humas Pemkab Aceh Utara Amir Hamzah di Lhokseumawe, Selasa (1/9) mengatakan, untuk meningkatkan mutu pendidikan, diperlukan berbagai langkah yang dianggap penting.

Di antara langkah dimaksud penyebaran guru yang memiliki kemampuan mengajar secara merata di wilayah pedalaman. Hal itu dimaksudkan agar tenaga guru yang memiliki kemampuan lebih tidak terfokus pada sekolah di kota saja.

Bahkan, selain itu bagi guru yang berkualitas dan bertugas di daerah pedalaman, pihaknya akan memberikan perhatian lebih. Sebagai wujud penghargaan atas dedikasinya kepada peningkatan mutu pendidikan di daerah.

“Kepada guru yang berprestasi yang bertugas di wilayah pedalaman, Pemkab Aceh Utara berencana akan memberikan penghargaan. Terhadap penghargaan yang akan diberikan tersebut, baik bentuknya ataupun mekanisme penilainnya nanti akan dicari formatnya,” ujar Amir Hamzah.

Lebih lanjut ungkap Kabag Humas Aceh Utara tersebut, untuk meningkatkan mutu pendidikan juga dilakukan langkah-langkah pengawasan terhadap kinerja guru, terutama bagi guru yang berstatus pegawai negeri sipilPNS.

Kinerja guru itu adalah masalah kedispilinan dan proses belajar mengajar di lembaga-lembaga pendidikan, mendorong pendidikan mutu, kursus lanjutan dan juga keahlian kepada guru agar mutu pendidikan dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Selain menuntut kualitas tenaga pendidik, Pemkab Aceh Utara juga berupaya untuk melengkapi sarana dan prasarana pendidikan, baik gedung sekolah, kebutuhan labaoratorium maupun sarana lainnya yang dianggap dapat menunjang mutu pendidikan di Aceh Utara.

Amir juga menyebutkan, jumlah SMA sederajat di wilayah Aceh Utara baik yang berstatus negeri mapun swasta sebanyak 93 sekolah, tingkat SMP sederajat 165 dan tingkat SD/MI 406 sekolah.

Sementara jumlah peserta didik dari semua jenjang pendidikan di wilayah Aceh Utara 66.506 siswa. Dengan jumlah tenaga pendidik 13.984 orang, baik yang berstatus PNS ataupun tenaga non PNS.

Artikel ini ditulis oleh: