Jakarta, Aktual.com – Panitia Khusus Zonasi dan Reklamasi DPRD DKI akan panggil pengembang proyek reklamasi di Teluk Jakarta, salah satunya Agung Podomoro.

Wakil Ketua Pansus, Muhamad Ongen Sangaji, mengatakan kehadiran para pengembang yang akan membangun 17 pulau buatan sangat diperlukan di rapat pansus. Agar didapat informasi langsung mengenai proyek reklamasi itu.

Apalagi, dikabarkan telah terjadi proses penjualan properti di salah satu pulau reklamasi yang belum memperoleh perizinan. “Kami akan panggil semua yang terkait, termasuk Agung Podomoro juga akan dipanggil,” ujar Ongen, Selasa (1/9).

Ditambah lagi, sejauh ini banyak penolakan dan informasi miring mengenai proses perizinan serta kekhawatiran terhadap kerusakan lingkungan akibat reklamasi. “Kami ingin memastikan reklamasi tidak merugikan masyarakat Jakarta,” ucapnya.

Sekedar informasi pansus Zonasi dan Reklamasi akan dimulai 7 September 2015. Pihaknya saat ini tengah menyusun jadwal. Selanjutnya, pansus juga akan melibatkan unsur akademisi untuk mengkaji mengenai zonasi dan reklamasi.

Para akademisi ini berasal dari perguruan tinggi ternama, seperti Universitas Hasanudin Makasar, Universitas Indonesia serta salah satu universitas di Surabaya. Kemudian juga akan dilibatkan Armabar, serta Pemprov DKI Jakarta. “Pokoknya tunggu saja, kami akan beraksi mulai September ini,” ucap dia.

Artikel ini ditulis oleh: