Jakarta, Aktual.com — Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen DPR (BKSAP DSPR RI) Rofi Munawar memprotes kedatangan Presiden Mesir Al-sisi ke Indonesia.

Pasalnya, Al-sisi dianggap telah melakukan kudeta dan tindakan kekerasan terhadap warganya.

“Presiden Jokowi harus mampu mendorong Presiden Mesir Al-Sisi agar menjalankan demokrasi prosedural dan menjunjung tinggi nilai Hak Azasi Manusia,” kata Rofi, Jumat (4/9).

Oleh karena itu, pemerintah, dalam hal ini presiden, diminta untuk memberi pesan kepada Presiden Mesir bahwa nilai demokrasi harus menghormati HAM.

“Presiden Jokowi harus mampu menangkap pesan dan kegelisahan publik terkait kedatangan presiden Al-sisi. Karenanya, pertemuan yang dilakukan harus mampu memposisikan indonesia sebagai negara yang menentang kekerasan dalam meraih kekuasaan dan pengekangan dalam kehidupan pers,”

“Al-sisi memiliki banyak catatan pelanggaran HAM selama hampir 2 tahun kepemimpinananya, hampir tak ada inspirasi bagi kemanusiaan yang layak dikedepankan. Saatnya dalam konteks ini Presiden Jokowi memberikan keteladanan dan mempromosikan demokrasi di Indonesia yang damai,” ucap politikus PKS ini.

Artikel ini ditulis oleh: