Jakarta, Aktual.com — Kejaksaan Agung berdalih saat ini tengah konsentrasi terhadap pengawalan pembangunan pemerintahan. Dengan alasan itu, maka persiapan eksekusi mati jilid III tak kunjung dilakukan hingga sekarang.

“Kita tidak mungkin melaksanakan beberapa masalah dalam waktu bersamaan kan. Konsentrasi pada pengawalan dan pengamanan pembangunan dulu,” ujar Jaksa Agung Muhammad Prasetyo di Kejagung, Jakarta, Selasa (8/9).

Memang Kejagung saat ini sedang mempersiapkan pembentukan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan (TP4), yang akan ditempatkan di pusat dan daerah. TP4 akan bertugas memberi pendampingan bagi para pejabat daerah maupun pusat untuk menggunakan anggaran sesuai peraturan yang berlaku.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Tony Spontana mengatakan, pengarahan TP4 dilakukan sejak sekarang karena antusias pemerintah daerah sudah cukup tinggi untuk meminta pengawalan pembangunan pada Kejari dan Kejati setempat.

Nantinya, TP4D akan beranggotakan para jaksa yang ada di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) dan bidang Pidana Khusus (Pidsus). Selain itu, para Asisten Intelijen juga akan bergabung dalam TP4D.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Wisnu