Jakarta, Aktual.com — Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) melakukan pemetaan terhadap pasangan calon kepala daerah yang mengikuti kontestasi Pemilihan Kepala Daerah secara serentak pada 9 Desember 2015 mendatang.

Hasilnya, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri yakni PDI Perjuangan, menempati posisi teratas dalam hal dukungan terhadap pasangan calon. Partai berlambang banteng moncong putih tersebut menempatkan 244 pasangan calon (paslon).

“Dari 630 pasangan calon di Pilkada serentak, PDIP paling banyak dukungan terhadap pasangan calon yaitu sebanyak 244 paslon. Kedua ditempati Partai Gerindra dengan 211 pasangan calon,” terang Koordinator Nasional JPPR, Masykurudin Hafidz, kepada Aktual beberapa saat lalu, Kamis (10/9).

Posisi ketiga ditempati Partai Demokrat dengan 205 paslon. Partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono itu unggul 6 paslon dari Partai NasDem dengan 199 paslon.

Hafidz menambahkan, posisi lima ditempati Partai Amanat Nasional dengan 195 paslon, keenam Partai Hanura dengan 187 paslon, Partai Kebangkitan Bangsa diposisi tujuh dengan 174 paslon dan Partai Keadilan Sejahtera 162 paslon.

“Partai Golkar berada pada posisi sembilan dengan 116 paslon, disusul PKPI 90 paslon, PBB 78 paslon dan PPP 70 paslon,” jelasnya.

Ditekankan dia, besaran jumlah dukungan terhadap pasangan calon ini berpengaruh bersar terhadap jumlah kemenangan yang diraih oleh partai politik tersebut

Artikel ini ditulis oleh: