Medan, Aktual.com — Panel Sycon 3 dan 4 Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sunggal milik PDAM Tirtanadi Sumut terbakar, ditengah guyuran hujan, Jumat (11/9) malam.

“Kami beritahukan kepada pelanggan bahwa malam ini terjadi kerusakan akibat terbakar pada Panel Sycone Trafo 3 dan 4 di IPA Sunggal yang akibatnya seluruh operasional pompa di IPA Sunggal terhenti,” ujar Kadiv Public Relations PDAM, Tirtanadi Irsan Effendi Lubis dalam keterangan tertulis yang diterima Aktual.com.

Menurut Irsan, terbakarnya panel-panel berdampak pada terhentinya pasokan air kepada pelanggan di beberapa cabang pelayanan. Kerusakan berawal ketika terjadi pemadaman aliran litrik di wilayah Sunggal.

“Maka untuk kontinuitas pendistribusian air kepada pelanggan, mesin Genset dihidupkan untuk menggantikan daya listrik dari PLN yang sedang padam. Pada saat menghidupkan Genset terjadi shock di panel Sycone 3 dan 4 dan akhirnya terbakar,” jelas Irsan Effendi.

Lebih jauh Irsan Effendi menjelaskan bahwa Petugas dari IPA Sunggal dan Divisi Produksi bekerjasama dengan Divisi Transmisi sedang bergerak cepat berupaya memperbaiki kerusakan tersebut. Namun, belum dapat dipastikan apakah pengerjaan panel akan bisa diselesaikan malam ini atau tidak.

“Akibat kejadian ini beberapa wilayah pelayanan mengalami gangguan air baik kontinuitas, kuantitas maupun kualitasnya. Adapun wilayah yang mengalami gangguan air yaitu Cabang Sunggal, Cabang Diski, Cabang Sei Agul, Cabang Padang Bulan dan sebagian Cabang Medan Kota,”

“Untuk itu, kami mohon maaf atas gangguan ini, pelanggan yang mengalami gangguan air dapat menyampaikannya ke cabang terkait,” tutupnya.

Artikel ini ditulis oleh: