Jpeg

Jakarta, Aktual.com – Sejumlah perwakilan mahasiswa asal Riau, Sumatera Barat, menggelar aksi unjukrasa siang hari ini Jumat (18/9) di depan istana negara.

Massa yang menamakan diri Forum Masyarakat Dan Mahasiswa Riau (FORMARI) ini meminta pemerintah segera menyelesaikan kebakaran hutan yang terjadi di provinsi Riau. Terlebih asap akibat kebarakan itu sudah melebar hingga provinsi tetangga.

“Sudah dua bulan belum juga selesai, tidak hanya riau yang menjadi sasaran tetapi juga propinsi dan negara tetangga. Kami pikir ini ulah, korporait nakal, melakukan pembakaran ilegal sangat menyengsarakan,” kata kordinator aksi Azrizal dalam orasinya, Jumat (18/9) di Jakarta Pusat.

Dikatakan Azrizal, kebaran hutan yang terjadi di provinsi Riau sudah ada sejak 18 tahun yang lalu. Mereka pun menuding ada pengusaha hitam yang sengaja mengambil momen kebakaran hutan untuk perluasan lahan.

“Ini kami pikir kejahatan kemanusiaan, dan inii tidak bisa kita ampuni, ini adalah kejahatan yang terstruktur.menghimbau kepada pemerintah pusat, sama sama hari ini untuk membasmi perusahaan-perusahaan Nakal,” kata dia

Akibat aksi yang berlangsung sejak pukul 14.39 ini, arus lalu lintas di Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, menjadi tersendat.

Artikel ini ditulis oleh: