Jakarta, Aktual.com — Anggota Komisi VIII DPR, Maman Imanul Haq mendesak Menteri Agama RI Lukman Hakim Saefuddin selaku Amir Hajj untuk memerintahkan kepada seluruh ketua regu jama’a haji untuk mengecek rombongannya masing-masing.

“Kami minta Menteri Agama selaku Amir Hajj agar memerintahkan semua petugas mulai ketua regu, ketua rombongan, ketua kloter dan seterusnya melakukan pengecekan pada anggota masing-masing, dan dibuat pelaporan resmi berapa jamaah yang wafat dan jadi korban dalam tragedi Mina tersebut,” kata Maman saat dikonfirmasi, di Jakarta, Jumat (25/9).

Pasalnya, sambung Maman, sejak kejadian yang hampir menewaskan kurang lebih 717 dan 863 jamaah haji mengalami luka-luka, banyak pula yang tidak dilarikan ketempat pengobatan, seperti rumah sakit.

“Kita apresiasi kinerja Kemenag dan Kemenlu yang melakukan investigasi ke Rumah Sakit . Tapi masih banyak laporan kami dapatkan bahwa sebenerarnya masih banyak korban yang dtidak diangkut ke rumah sakit. Ada yang langsung ke tenda oleh kerabatnya. Dan ada kemungkinan diangkut entah ke mana oleh petugas Saudi,” tandas politikus PKB itu.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Novrizal Sikumbang
Editor: Nebby