Jakarta, Aktual.com — Tragedi yang terjadi di Mina yang menewaskan kurang lebih mencapai 717 orang jama’ah haji dan 863 mengalami luka-luka terus mendapatkan perhatian kalangan dunia, termasuk Indonesia.

Menanggapi itu, Ketua Tim Pengawas Haji DPR RI, Fahri Hamzah menyampaikan rasa belasungkawanya terhadap para keluarga korban.

Dikatakan Fahri, yang tengah berada di Makkah, Arab Saudi bahwa saat ini lokasi kejadian aksesnya telah ditutup sejak siang waktu Arab Saudi.

“Sehingga tidak ada kesempatan bagi kita untuk melihat langsung,” ujar Fahri dalam keterangan tertulisnya yang diterima aktual.com, di Jakarta, Jumat (25/9).

Dikatakan Fahri, dalam insiden tersebut tim pengawas haji DPR dan Amirul Hajj Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saefuddin terus berkoordinasi dengan rumah sakit setempat guna mengidentifikasi kemungkinan adanya korban dari jamaah haji asal Indonesia.

“Kami meminta masyarakat tetap tenang karena tragedi ini tidak terjadi di jalur Indonesia,” ungkap politikus PKS itu.

Masih disampaikan Fahri, melanjutkan tragedi ini terjadi karena adanya penumpukan akibat tidak adanya pengaturan setelah prosesi Wukuf.

Rukun setelah Wukuf regulasinya tidak dikomunikasikan secara ketat dan diserahkan ke masing-masing negara. “Bahkan masing-masing jamaah,” kata Wakil Ketua DPR RI ini.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Novrizal Sikumbang
Editor: Nebby