Jakarta, Aktual.com — Ratusan jamaah Masjid Al Huda Desa Batang Duku, Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, melakuan shalat ghaib untuk jamaah haji yang menjadi korban tragedi di Mina, Arab Saudi. Shalat ghaib dilangsungkan usai para jamaah menjalankan salat Jumat (25/9).

Imam Masjid Al Huda Kecamatan Bukit Batu, Sapri Syafii mengatakan shalat ghaib tersebut ditujukan untuk jemaah haji yang menjadi korban tragedi mina yang terjadi Kamis (24/9) kemarin.

“Salat ghaib ini ditujukan kepada saudara kita yang mendapat musibah saat melakukan Jamaraat di Mina. Kami juga turut berbela sungkawa terhadap para korban, semoga menjadi syuhada dikelompokkan ditempat yang terbaik disisinya dan yang ditinggalkan diberi ketabahan,” Kata Imam Masjid, Sapri Syafii.

Dia mengaku mengetahui dari berita yang beredar di televisi bahwa Kamis (24/9) sekitar pukul 08.00 waktu Arab Saudi, jamaah berdesak-desakkan tepat di Jalan 204 Mina. Insiden ini, menewaskan 719 jamaah haji. Sedangkan korban luka akibat peristiwa ini mencapai 863 orang.

“Ini adalah insiden terdahsyat selama 25 tahun terakhir. Mengingatkan kembali peristiwa Mina 1990. sebanyak 1.426 jamaah haji meninggal di dalam terowongan Mina, dan sebagian besarnya adalah jamaah asal Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Peristiwa ini dipicu tidak berfungsinya sistem sirkulasi udara.”

Menurut Sapri Syafii sebagai sesama muslim, diwajibkan mendoakan saudara yang mengalami musibah. Ini juga menjadi bagian dalam amal kebaikan, dengan mengajak jamaah untuk mendoakan jamaah haji yang mendapat musibah tragedi Mina.

“Kami juga berdoa agar seluruh korban yang menderita luka-luka segera sembuh sehingga dapat kembali melakukan ibadah dan pulang berkumpul kembali dengan sanak famili.”

Sementara itu dia berharap dalam tragedi yang banyak menewaskan jemmah haji tersebut diharapkan tidak ada warga asal Kabupaten Bengkalis.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Wisnu