Jakarta, Aktual.com — Kepala Deputi Bidang SDM, Iptek dan Budaya Kementrian Koordinator Kemaritiman, Safri Burhanuddin mengatakan akan mengoptimalkan ketiganya melalui

Sesuai fungsi pihaknya akan mensinkronisasikan empat kementrian dibawahnya untuk sama-sama menguatkan kembali Indonesia sebagai negara maritim. Termasuk juga melibatkan alumni sekolah pelayaran dan perikanan.

“Ada empat kementrian di bawah kita langsung, jadi ada perhubungan, kelautan, esdm dan pariwisata. Hampir semua kementrian kan punya badan SDM. Salah satu disini kami ingin mensinergikan alumni sekolah tinggi ilmu pelayaran dan perikanan. Ada hal kecil yang perlu kita sinkronisasikan,” ujar Safri di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Senin (28/9).

Dalam segi bidang SDM, Safri menuturkan ini berkaitan dengan para lulusan perguruan tinggi khusus kejurusan yang harus berstandar internasional.

“Teknis masing-masing di kementrian. Jadi tegas kemenko maritim mensinergikan dan mensinkronisasikan,” tuturnya

Selain itu, bidang SDM juga akan mengiptimalkan laboraturium sekolah pelayaran. Dan mencarikan instruktur.

“Contoh, tempat pendidikan kelautan angkatan laut. Mereka punya peralatan praktek. Jadi kita kombinasikan nanti kalau ada sekolah yang lengkap dan tidak. Kita usahakan mereka bisa saling mengisi,”

“Contoh lain SDM yang jadi pelatih AL kan pangkatnya bukan perwira di bawah bintara. Mereka sudah pensiun dini. Disatu pihak di SMK mereka kekurangan instruktur. Ini yang mau di bicarakan ke Dikbud. SMK kan butuh instruktur, angkatan laut kelebihan plus pensiun dini ini yang kita ‘combine’. Jadi hal ini yang coba kita jembatani,” jelas Safri

Tugas lain di pengembangan SDM, lanjutnya, adalah membantu mensosialisasikan tentang konsep maritim kepada anak didik.

“Tugas kemenko itu kan menjembatani dan mensinkronkan bukan memperumit,” tandasnya

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Nebby