Jakarta, Aktual.com — Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mengatakan bahwa pemilihan Pantai Indah Kiat, sebagai lokasi perayaan HUT TNI ke-70, menimbulkan multi interpretasi publik.

Pasalnya, Pantai Indah Kiat yang berlokasi di Cilegon, Banten, merupakan lahan yang diduga milik perusahaan swasta, PT Sinar Mas.

“Panglima TNI harus memberi penjelasan, ini multi interpretasi,” kata Fadli, di komplek DPR, Jumat (2/10).

Sebagai aparat negara, TNI mestinya memilih tempat lain yang berada di bawah kekuasaan negara atau netral. Adapun alasan untuk menegaskan poros maritim, terdapat alternatif lain yang tidak dikelola oleh swasta.

“Menurut saya mestinya netral atau dibawah kekuasaan negara. Kalau alasan maritim, bisa tempat lain seperti Surabaya atau yang lain,” tandas dia.

Diketahui, TNI akan merayakan HUT TNI ke-70 di Pantai Indah Kiat, Cilegon, Banten, pada 5 Oktober 2015. Pemilihan Lokasi ini disesuaikan dengan tema yang diusung yaitu kemaritiman.

“Kami sampaikan pelaksanaan tahun ini ada yang beda, sesuai dengan apa yang menjadi kebijakan presiden, Indonesia jadi poros maritim dunia. Untuk itu tidak ada alternatif lain, kita harus punya keunggulan di udara dan di laut,” kata Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Alasan lain, agar atraksi pertempuran udara dan laut dapat dilakukan dengan maksimal.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Novrizal Sikumbang