Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berpidato membuka Hari Ulang Tahun (HUT) Pasar Modal Indonesia ke-38, di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (10/8/2015). Jokowi mengatakan lambatnya perekonomian bukan hanya terjadi di Indonesia saja. AKTUAL/EKO S HILMAN

Jakarta, Aktual.com — Presiden Jokowi memberikan amanat kepada prajurit TNI dalam perayaan HUT TNI ke-70 yang berlangsung di Pantai Indah Kiat, Cilegon, Banten, Senin (5/10).

“Panglima Besar Jenderal Soedirman menyatakan bahwa hubungan TNI dan rakyat adalah ibarat ikan dan air. Ikan tidak akan hidup tanpa air. Rakyatlah yang mengandung, merawat, dan membesarkan TNI,” kata Jokowi.

TNI diminta untuk tak menyakiti hati rakyat karena TNI dilahirkan dari rahim rakyat Indonesia.

“TNI tidak boleh menyakiti hati rakyat. TNI tidak boleh berjarak dengan rakyat serta harus selalu bersama-sama rakyat,”

“Hanya dengan bersama-sama rakyat, TNI akan kuat dalam menjalankan tugas pengabdian pada bangsa dan negara. Hanya bersama-sama rakyat, TNI menjadi kekuatan militer yang hebat, kekuatan militer yang disegani serta kekuatan diperhitungkan oleh bangsa-bangsa lain di dunia,” ucap Jokowi.

Selain itu, TNI diminta untuk menjaga kedaulatan NKRI dengan semangat juang yang dimiliki, agar terwujud Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

Artikel ini ditulis oleh: