Darurat Kabut Asap

Jakarta, Aktual.com — Ketua DPR Setya Novanto segera memanggil Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek untuk membahas dampak kesehatan dari kabut asap di Sumatera dan Jambi dan Kalimantan.

“Kemarin sudah telepon Menkes tapi belum tersambung, karena sedang menemani Presiden Jokowi ke daerah yang terkena asap. Segera saya ingin panggil ingin berkoordinasi dengan Menkes agar warga yang terdampak asap tidak terbebani biaya pengobatannya,” ujar Novanto di DPR, Jakarta, Senin (11/10).

Setya mengusulkan agar Menkes memberikan pengobatan gratis bagi warga di daerah yang terdampak kabut asap. Usulan ini menurutnya jauh lebih baik dibandingkan rencana pemerintah memberikan kompensasi sebesar Rp900 ribu per kepala keluarga.
“Saatnya pengobatan gratis dilakukan sampai mereka sembuh. Ini demi rakyat dan masyarakat kita yang ada disana,” cetusnya

Selain itu, Novanto berharap agar pemerintah membagikan masker gratis yang berkualitas kepada seluruh warga yang terdampak kabut asap. Sebab selama ini, pihaknya mendapat laporan jika masker yang telah dibagikan belum sesuai dengan kebutuhan masyarakat terdampak asap.

“Harus ditingkatkan lagi kualitas maskernya demi keselamatan warga,” katanya

Sementara itu, politisi Partai Golkar ini menilai langkah Presiden Jokowi yang beberapa waktu lalu meninjau langsung lokasi kebakaran hutan bisa menjadi contoh menteri-menteri lain di kabinetnya. Ia berharap, dengan meninjau langsung, Pemerintah bisa segera mencari solusi tepat untuk menanggulangi bencana asap yang sudah lebih dari 3 bulan ini.

“Dengan adanya Presiden turun langsung ke lokasi ini, tentu akan berikan arti yang besar karena menteri-menteri terkait akan tahu langsung kondisi di sana,” tandasnya

Artikel ini ditulis oleh: