Jakarta, Aktual.com — Ketua Bidang Hikmah/Politik DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Taufan Putra Revolusi Korompot menyebut pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla sebagi negeri multipilot. Banyak kepentingan dilingkungan Jokowi yang kemudian menyetir jalannya pemerintahan.

“Dulu waktu SBY disebut sebagai negeri autopilot, ini sudah tahu petanya. Pemerintahan sekarang ini negeri multipilot, kita tidak tahu (persis) negara ini siapa pilotnya,” tegas Revolusi dalam diskusi ‘Negara Darurat, Mahasiswa dan Pemuda Kemana?’ di Kantor Pusat Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (12/10).

Diskusi dihadiri Ikatan Mahasiswa Muhamamdiyah IMM), Gerakan Pelajar Islam Indonesia (GPII), Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI), Perhimpunan Mahasiswa Katholik Republik Indonesia (PMKRI), Himmah Al Wasliyah, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Aliansi Tarik Mandat dan beberapa elemen lainnya.

Dalam berbagai kesempatan oleh beberapa pihak, siapa saja pilot pada pemerintahan Jokowi kerap disebutkan. Diantaranya adalah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh hingga Luhut Binsar Pandjaitan yang kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam).

“Fungsi Presiden ini digerakkan oleh mereka. Kita tidak tahu ini negara siapa Presiden-nya,” ucap Revolusi.

Ia juga menyinggung pernyataan beberapa pihak yang meminta tidak terlalu mendramatisir permasalahan yang muncul pada pemerintahan Jokowi. Padahal, permasalahan itu benar-benar terjadi dan dirasakan betul oleh masyarakat bawah.

Artikel ini ditulis oleh: