Jakarta, Aktual.com — Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Muslim Ayub mengatakan belum ada yang dapat dibanggakan selama 1 tahun pemerintahan Jokowi-JK, terutama dibidang penegakan hukum di Indonesia.

Hal itu menyusul masuknya 1 tahun pemerintahan Jokowi-JK pada 20 Oktober 2015 nanti.

“Satu tahun pemerintahan Jokowi ini belum ada hal yang signifikan (untuk dibanggakan) dengan masa kepemimpinannya, yang kita lihat selama ini hanya blusukannya saja ke daerah-daerah,” ucap Muslim, di Gedung DPR RI, Senayan, Kamis (15/10).

Pada proses penegakan hukum misalnya, sambung Muslim, dalam penanganan sebuah perkara saja belum ada yang tuntas hingga ketahap pengadilan atau P21.

Terlebih penanganan kasus yang dilakukan oleh institusi sekelas Kejaksaan Agung, yang menjadi sorotan publik atas dua kali kalah dalam pengajuan pra peradilan di dua kasus besar, yakni kasus dugaan korupsi Dahlam Iskan dan pembelian aset piutang (cassie) BPPN 2003.

“Itu pertanda Kejaksaan Agung tidak jeli dalam melihat persoalan penyidikannya. Kenapa harus dipraperadilakan dan di PTUN kan oleh pihak berperkara, ini barang kali cikal bakal memang Jaksa Agung (HM Prasetyo) tidak siap dengan apa yang dia lakukan,” ujarnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Novrizal Sikumbang