A woman holds her stomach at the last stages of her pregnancy in Bordeaux April 28, 2010. A January 2010 report indicates that life expectancy and fertility of French women are among the highest in Europe. REUTERS/Regis Duvignau (FRANCE - Tags: SOCIETY HEALTH)

Jakarta, Aktual.com — Seorang Ibu tentunya pernah mengalami masa-masa menakjubkan dalam hidupnya ketika ia sedang mengandung buah hatinya selama sembilan bulan. Dalam hitungan tersebut, perut ibu akan semakin membesar hingga puncak kelahiran si jabang bayi.

Sembilan bulan bukan waktu yang singkat bagi seorang Ibu berjuang mempertahankan kesehatan ibu bersama buah hatinya tersebut. Terkadang, ada satu kondisi dimana seorang ibu merasa tidak nyaman dengan kehamilannya dan berujung pada timbulnya stres.

Tentunya hal tersebut bukanlah hal yang Anda inginkan. Berikut Aktual.com merangkum beberapa tips yang dapat membuat diri seorang ibu nyaman saat hamil dan proses persalinan, demikian laman Indiatimes melaporkan.

1. Mandi air hangat sebelum tidur
Mandi dengan air hangat akan menenangkan otot-otot yang sakit, dan membantu membawa tidur berkualitas untuk Anda.

2. Perbanyak bantal
Taruhlah beberapa bantal ketika Anda tidur. Cara ini akan membuatnya lebih mudah bagi Anda untuk tidur di malam hari, dan mencegah punggung serta pinggul dari rasa sakit di pagi hari.

Hal tersebut dikarenakan, Anda tidak akan bisa tidur telentang, sehingga Anda akan memiliki pilihan posisi tidur yang nyaman, dan bantal tubuh akan membuat lebih mudah.

3. Mengatur kursi dan sandaran kaki
Cari kursi yang nyaman di ruang tamu Anda. Sebaiknya satu yang memungkinkan Anda bersandar ke arah belakang. Masukan bangku kaki di depannya, sehingga Anda dapat berbaring di kursi belakang dan menopang kaki Anda di bangku.

Ketika dalam masa kehamilan, semakin berat tubuh Anda, maka akan berat pula kaki Anda untuk menopangnya. Hal itu akan membuat kaki Anda merasa cepat pegal dari biasanya. Meletakkan kaki Anda akan meringankan ketidaknyamanan dan mencegah pembengkakan serta masalah peredaran darah lainnya.

4. Gunakan pakaian yang menarik
Saat Anda hamil, jangan perlihatkan kesan lusuh dan tak terawat. Kenakanlah pakaian yang bagus, nyaman dan membuat Anda terlihat bergairah ketika hamil. itu akan membantu Anda melupakan stres di masa kehamilan.

5. Jangan gunakan pakaian ketat
Ketika hamil, tubuh akan mengalami perubahan. Jangan memperburuk keadaan dengan mengenakan pakaian yang ketat, selain tidak nyaman dipandang, hal tersebut juga membuat sirkulasi peredaran darah tidak nyaman.

6. Pilih sepatu yang nyaman dan tidak sempit
Buatlah titik untuk memakai sepatu benar-benar nyaman, karena kaki Anda akan menanggung beban ketidaknyamanan Anda. Anda mungkin harus membeli sepatu yang satu ukuran lebih besar, karena kaki Anda akan membengkak.

7. Membuat kantong beras aromaterapi
Ambilah sebelah kaos kaki anda yang tak terpakai. Lalu isilah beras dan beberapa kayu manis. Kemudian jahit hingga tertutup rapat. Setiap punggung Anda terasa sakit, panaskan di microwave kaos kaki tersebut lalu terapkan pada punggung Anda. hangatnya membantu me-rileksasi dan bau kayu manis membuat pikiran lebih tenang

8. Pergilah berenang
Berenang adalah bentuk latihan kardio yang akan memperkuat otot-otot Anda, meningkatkan sirkulasi darah, dan yang paling penting, meringankan berat badan yang Anda bawa. Ini juga merupakan terapi santai, dan akan menenangkan otot-otot sekaligus sendi Anda.

9. Hindari makanan pedas
Kehamilan membuat Anda rentan terhadap keasaman dan gas, sehingga menghindari makanan pedas dan makanan yang memberikan gas itu perlu.dan sebaiknya hindari makan sebelum Anda pergi tidur

10. Sering minum air es
Ini akan menyegarkan Anda, sekaligus juga membersihkan sistem peredaran tubuh anda dan berguna dalam proses pembelahan sel dimana bayi tumbuh kembang.

Artikel ini ditulis oleh: