Roma, Aktual.com – Presiden Iran Hassan Rouhani, dikabarkan akan mengunjungi Italia pada November 2015. Rouhani juga dikabarkan akan bertemu Paus Franciscu di Vatikan.

Dikutip dari Reuters, Rabu (21/10), kunjungan Presiden Rouhani akan berlangsung pada 14-15 November dan Rouhani akan bertemu dengan Paus, Perdana Menteri Italia Matteo Renzi dan Presiden Sergio Mattarella.

Pemimpin Iran itu dijadwalkan akan tiba di Paris pada 16-18 November.

Menteri Luar Negeri Italia Paolo Gentiloni mengundang Presiden Rouhani untuk berkunjung ke Roma pada Agustus lalu ketika ia melakukan perjalanan ke Teheran.

Beberapa menteri Eropa telah mengunjungi Teheran sejak kesepakatan nuklir tercapai pada Juli lalu, yakni untuk mengekang program nuklir Iran dengan imbalan pencabutan sanksi ekonomi. Pemerintah Iran selama ini membantah kekhawatiran negara-negara Barat tentang Iran yang ingin mengembangkan senjata nuklir.

Amerika Serikat menyetujui pemberian keringanan sanksi bersyarat bagi Iran pada Minggu, meskipun AS memperingatkan pencabutan sanksi tidak akan berlaku sampai Iran bertindak sesuai kesepakatan nuklir.

Artikel ini ditulis oleh: