Karanganyar, Aktual.com – Bupati Karanganyar, Juliyatmono bersama ribuan warga Karanganyar, Jawa Tengah menggelar salat Istisqa atau minta hujan di Alun-alun Karanganyar, Senin (26/10).

Shalat dua rekaat tersebut sengaja dilaksanakan untuk meminta kepada Allah SWT segera menurunkan hujan dan menyudahi bencana.

Pantauan Aktual, sebelum salat digelar, Juliyatmono sempat memberikan sambutan kepada para jamaah yang terdiri dari pelajar, swasta, pegawai negeri sipil (PNS), TNI/Polri, dan masyarakat Karanganyar.

Dalam sambutannya, Juliyatmono mengajak kepada seluruh masyarakat Karanganyar untuk mencintai lingkungan. Salah satunya adalah dengan melakukan penanaman pohon. Pasalnya dengan tanaman ini sumber air akan terus terjaga sehingga pada saat musim kemarau tidak akan terjadi kekeringan.

“Menanam pohon ini merupakan cara yang efektif untuk mengantisipasi bencana kekeringan,” jelas Juliyatmono.

Juliyatmono juga menambahkan, Salat Istisqa ini juga untuk meminta kepada Allah SWT untuk menyudahi bencana yang saat ini melanda bangsa Indonesia. Baik bencana kebakaran hutan, kekeringan, paceklik dan lain-lain.

“Semoga setelah salat ini selesai dilakukan Allah SWT segera menurunkan hujan. Hujan yang membawa barokah dan kesejahteraan khususnya bagi masyarakat di Karanganyar, dan umumnya bangsa Indonesia,” ucapnya.

Shalat Istisqa dimulai tepat pukul 09.45 WIB. Salat dipimpin langsung oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Karanganyar, KH. Badarudin.

Laporan: Labib Zamzani

Artikel ini ditulis oleh: