Sejumlah polisi menghalau massa pengunjuk rasa dalam simulasi pengamanan Pilkada 2015 di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jateng, Jumat (31/7). Polres Semarang mengerahkan 800 personilnya untuk mengamankan seluruh tahapan Pilkada 2015 setempat. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/Rei/ama/15.

Jakarta, Aktual.com – Istana Negara siang hari ini bakal dikepung aksi unjukrasa dari berbagai elemen mahasiswa dan buruh. Aparat keamanan pun telah memperketat pengamanan di kawasan jalan Merdeka Barat dan Utara, Jakarta Pusat.

Kasubag Humas Polres Jakpus, Kompol Suyatno mengatakan untuk mengamankan aksi unjukrasa siang hari ini Polda Metro Jaya telah mengerahkan 1074 personil gabungan.

“Ada dari Polda Metro Jaya, Polres Jakarta Pusat dan kepolisian sektor Gambir,” kata Suyatno kepada aktual.com di Jakarta Pusat, Rabu (28/10)

Dijelaskan Suyatno 1074 personel juga telah dilengkapi perlengkaan pengamanan huru-hara seperti 2 unit water canon dan 1 unit barakuda yang terparkir disudut-sudut istana negara.

“lengkap dengan pengawalan penanganan unjukrasa. 2 water canon, barakuda 1. Ada 3 unit semuanya,” ungkapnya

Berdasarkan pantauan Aktual.com meskipun sejumlah elemen aksi unjuk rasa yang bertepatan dengan peringatan 87 tahun sumpah pemuda ini belum nampak di depan istana negara. Namun Kawat berduri sepanjang 300 meter lebih sudah terpampang mengelilingi depan gedung istana negara sejak pukul 07.00 WIB.

Artikel ini ditulis oleh: