Jakarta, Aktual.com — Politikus Partai Gerindra ahmad Riza Patria menyebut perombakan kabinet (reshuffle kabinet) tahap pertama Agustus lalu tak sesuai dengan janji kampanye Presiden Jokowi.

“Pada pilpres lalu Presiden menjanjikan kabinet yang baik, profesional, mumpuni. Faktanya, kabinet tidak sesuai harapan orang banyak,” kata Riza Patria, di Jakarta, Jumat (6/11).

Menurutnya, kabinet yang ada saat ini hanya diisi oleh mereka yang mendukung Jokowi-JK saat pilpres 2014, baik parpol maupun non parpol (Baca: Presiden Ungkapkan Alasan Reshuffle Kabinet Kerja).

“Kabinet yang ada tidak membantu tugas Presiden, bahkan menimbulkan banyak masalah. Satu tahun pemerintahan, banyak yang menurun, ekonomi, hukum, demokrasi, politik,” jelas Riza.

Selain itu, koordinasi dalam kabinet kerja juga dianggap belum berjalan dengan baik dalam satu tahun pemerintahan Jokowi-JK (Baca: Reshuffle Kabinet Tahap Kedua Tinggal Hitungan Hari?).

“Presiden harus berani keluar dari tekanan parpol. Presiden harus berani belajar bahwa rakyat menginginkan kabinet yang profesional.”

Artikel ini ditulis oleh: