Wapres Jusuf Kalla (tengah) bersama Menko PMK Puan Maharani (kanan) serta Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bahlil Lahadalia (kedua kiri) hadir dalam Pembukaan Sidang Dewan Pleno I dan Musyawarah Nasional HIPMI, Jakarta, Jumat (6/11). Rangkaian SDP I dan Munas HIPMI yang diadakan di Surabaya tersebut diharapkan mampu meningkatkan produktivitas dari pengusaha dan investasi lokal serta memberikan kontribusi bagi kebijakan pemerintah khususnya sektor ekonomi. ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma/nz/15

Jakarta, Aktual.com — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengingatkan, pentingnya melakukan langkah antisipasi dalam menghadapi bencana banjir dan longsor disaat musim penghujan.

“Perlu langkah antisipatif menjelang masuknya musim hujan yang biasanya diiringi dengan bencana, seperti banjir dan longsor,” kata Puan Maharani di Jakarta, Jumat (13/11).

Kondisi alam memang sulit untuk dipredikasi. Namun, kata dia, langkah antisipasi sangat penting untuk dilakukan. “Tujuannya mencegah timbulnya banyak korban, khususnya korban jiwa,” katanya.

Langkah antisipatif, kata dia, tidak hanya bisa dilakukan pemerintah, tetapi perlu adanya partisipasi dari masyarakat. Puan juga meminta pihak terkait untuk meningkatkan sosialisasi aktif kepada masyarakat terkait dengan upaya mitigasi bencana.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho memprakirakan, bencana banjir dan longsor akan mendominasi bencana selama musim hujan.

“Puncak kejadian banjir dan longsor terjadi bersamaan dengan puncak musim hujan, yaitu pada bulan Januari,” katanya.

Upaya antisipasi, kata dia, harus disiapkan agar penanganan bencana menjadi lebih baik. Untuk mendukung penanganan darurat, kata dia, BNPB menyiapkan Rp 150 miliar dari dana siap pakai.

“Dana ini diambil dari pos dana siap pakai sebesar Rp2,5 triliun yang alokasinya untuk penanganan darurat bencana selama tahun 2015 untuk semua jenis bencana,” katanya.

Artikel ini ditulis oleh:

Wisnu