Jakarta, Aktual.com — Senin (23/11) malam, telah diumumkan bahwa Deddy Soetomo adalah pemenang kategori Pemeran Utama Pria Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2015 yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang, Banten Senin (23/11).

Penghargaan tersebut diperolehnya dengan membintangi peran Mahmud pada film ‘Mencari Hilal’ yang rilis pada Juli 2015 lalu.

Deddy mengatakan, bahwa dirinya tak menyangka akan mendapatkan penghargaan pemenang kategori tersebut.

“Saya sebenarnya tidak menyangka, anak saya saja yang memiliki firasat menang,” ungkap Deddy kepada Aktual.com, usai perhelatan ‘FFI 2015’.

Prestasi tersebut diungkapkan Deddy menjadi sebuah semangat (spirit) untuk terus bekarya yang lebih baik lagi ke depannya khususnya memajukan perfilman Tanah Air.

“Dengan adanya penghargaan ini, menjadi dorongan sprit untuk saya, bahwa saya harus lebih mendalami seni peran,” beber Deddy kembali.

Sedikit bocoran, bahwa peran Deddy sebagai Mahmud dalam ‘Mencari Hilal’ merupakan karakter yang rumit untuk dilakoninya.

“Kebetulan ini ‘complicated’, tokoh ini memungkinkan untuk dimainkan, jadi nggak sembarang tokoh cuman lewat saja. disini saya menghadapi orang-orang yang politikus, kearifan lokal, menghadapi lainnya ideologi, masalah anak,” urai Deddy menjelaskan, sembari tersenyum.

Di akhir sesi wawancara, Deddy memuji sistem penjurian FFI 2015.

“Di sini yang penting saya semaksimal mungkin berperan. saya pernah bercita-cita untuk menang, tetapi ya kecewa karena sistem penjuriannya tidak seperti sekarang ini. penjurian sekarang ini seperti ‘Oscar’,” pungkasnya.

Artikel ini ditulis oleh: