Jakarta, Aktual.com — Hari Jumat merupakan hari kedua atau terakhir ‘Pesantren Festival 2015’ yang diadakan di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Acara hiburan ini memang ditujukan untuk para santri yang berbakat serta mengajak para santri belajar berkreativitas diiringi dengan bekal agama.

Dalam ‘Pesantren Festival 2015’ tersebut, Ainur Rafiq selaku Kasubdit Pendidikan Pesantren Kementerian Agama Republik Indonesia menjelaskan, even yang diselenggarakan di festival Islami tersebut.

“Di Pesantren Festival ini ada beberapa kompetisi yang dihadiri oleh para santri se-Jabodetabek. Di antaranya pemilihan putra-putri santri berbakat dari segi fisik, rohani, serta IQ. Ada juga Lomba rangking 1 yang mengacu pada Akademik dan ilmu pengetahuan. Lalu Lomba film dokumenter dimana santri menjadi paham bagaimana proses pembuatan film, menjadi sutradara hingga editing, dan terakhir lagu-lagu religi seperti marawis atau pembawan lagu bertema religi,” jelas Rafiq, kepada Aktual.com, di tengah kesibukannya memantau aktivitas, Jakarta, Jumat (11/12).

Dari segi hadiah, Vivie selaku bagian event organazier (EO) dari acara ‘Annual Pesantren Festival’ ini memaparkan, bahwa ada beberapa hadiah menarik bagi pemenang kompetisi tersebut. Di antaranya 1 Unit sepeda motor hingga uang tunai mencapai Rp350 juta.

“Acara ini dibuat semenarik mungkin. total hadiah saja mencapai Rp350 juta. di antaranya, ada satu unit motor, 5 buah handphone smartphone dan android, uang tunai satu kategori ada yang 15 juta, ada yang 10 juta, dan masih banyak lainnya” ungkap Vivie di dalam tenda panitia.

Untuk diketahui, bahwa meriahnya acara ‘Pesantren Festival 2015’ yang berlangsung dua hari ini memang acara pertama yang diadakan Kemenag untuk para Santri.

Rafiq kembali mengatakan bahwa ini masih mencari bentuk konsep acara ke depannya karena ini merupakan acara tahunan sesuai Keppres no 22 Tahun 2015.

“Pesantren Festival ini adalah acara ‘Annual’ yang pertama, kita masih mencari bentuk konsep yang sesuai dengan acara Pesantren Festival ini, namun kemungkinan untuk tahun depan kami akan lebih tematik,” harap Rafiq.

Di akhir pembicaraan, Rafiq berharap ke depannya Pemerintah RI dapat mendukung penuh acara ‘Pesantren Festival’ terutama dalam sokongan dana.

“Harapan ke depannya, kalau bisa tahun depan lebih meriah, me-nasional, dan kepada bapak Presiden agar dapat terus mendukung acara ini bahkan dapat memberikan sumbangan dana lebih besar lagi,” tandas Rafiq sambil tersenyum.

Artikel ini ditulis oleh: