Jakarta, Aktual.com – Tidak sadar kalau mobil yang dicurinya terpasang global positioning system (GPS), komplotan pencuri mobil sewaan berhasil dibekuk polisi dari Polsek Pesanggrahan meski sudah kabur hingga ke Bandung.

Aktifnya GPS yang terpasang di mobil curian itu, memudahkan polisi untuk melacak. “Pelaku ini tertangkap gara-gara di mobil curiannya ada GPS,” ucap Kepala Polsek Pesanggrahan Kompol Afroni, Senin (15/12).

Komplotan pencuri mobil itu yakni A, DS, C dan IG. Mereka membawa lari mobil bernopol B 1863 SZD dari sebuah rental di Kompleks Shangri-La, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, akhir November lalu.

Afroni menuturkan, komplotan ini awalnya menyewa mobil ke Retno, pemilik rental. Namun setelah waktu penyewaan selesai, mobil ternyata tak juga kembali. Curiga ada yang tidak beres, Retno melapor ke Polsek Pesanggrahan, 30 November lalu.

Dapat laporan, polisi pun lalu bergerak. Di sinilah keberadaan si mobil terlacak berkat aktifnya GPS yang terpasang. Mobil terlacak berada di daerah Bandung. Anggota Polsek Pesanggrahan pun meluncur ke Kota Kembang. Para pelaku pun berhasil berhasil dibekuk berikut mobilnya.

Usai dibekuk, pelaku memberi keterangan kalau mobil milik Retno ternyata mereka gadaikan ke orang lain dengan harga puluhan juta. Modus seperti ini ternyata juga sudah berkali dilakukan komplotan tersebut. Akibat perbuatannya, keempat pelaku dijerat Pasal 374 KUHP tentang [enggelapan dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

Artikel ini ditulis oleh: