Makassar, Aktual.com – Wali Kota Makassar, Mohamad Ramdhan “Danny” Pomanto berhasrat menjadikan sektor pariwisata di kotanya maju. Untuk wujudkan itu, Kota Makassar perlu didesain secara kreatif, sehingga mampu jadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung.

Dia mengambil contoh Singapura. Meski sumber daya alamnya kurang dan wilayahnya kecil, namun mampu menyedot minat turis internasional serta pebisnis. Menurut dia hal itu karena Singapura didesain dengan apik. Sehingga apa yang disaksikan tiap orang yang berkunjung ke sana membawa kesan tersendiri.

Gagasan itu disampaikan Danny saat menerima kunjungan Badan Promosi Pariwisata Kota Makassar. “Banyak ide tentang pariwisata Makassar yang masih saya pendam selama ini dan baru saya luapkannya semua di depan badan promosi pariwisata kota Makassar,” ujar dia, Selasa (15/12).

Badan Promosi Pariwisata Makassar disarankannya memulai dengan membuat klasifikasi pariwisata yang harus dibenahi. Yakni dari segi kuliner, kultur, ataupun kawasan-kawasan wisata ditata dengan baik. “Harus ada otoritas yang memfilter atraksi-atraksi kebudayaan yang kita tampilkan. Sehingga ketika ada pertunjukan maka yang tampil adalah yang terbaik,” kata dia.

Di tahun 2017 nanti, Danny diketahui khusus memprogramkan sebagai tahun khusus pariwisata. Sedangkan di tahun 2016 adalah tahun infstruktur.

Artikel ini ditulis oleh: