Menko Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli mengikuti rapat kerja dengan Pansus hak angket Pelindo II di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (29/10). Rapat tersebut membahas pelaksanaan Pansus hak angket Pelindo II. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/kye/15.

Jakarta, Aktual.com — Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Sumber daya, Rizal Ramli mengaku kagum dan salut atas sikap berani para pejabat yang berani mengundurkan diri karena tak mampu melaksanakan tugas.

“Saya salut, saya kagum, sudah ada tradisi baru bahwa yang merasa kurang mampu melaksanakan tugas mengundurkan diri,” kata Rizal seusai rapat tentang pariwisata di kantor Kemenko Kemaritiman Jakarta, Senin (28/12).

Dua pejabat yang mengundurkan diri dari jabatannya itu yakni mantan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Djoko Sasono dan mantan Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Sigit Pradi Pramudito.

Djoko mengundurkan diri pada 26 Desember lalu karena merasa gagal dalam mengurai kemacetan yang terjadi pada libur panjang Natal beberapa waktu lalu.

Sementara Sigit mengundurkan diri pada 1 Desember lalu karena merasa tidak sanggup memenuhi target penerimaan pajak 2015.

“Ini tradisi (yang betul-betul bagus. Setahu saya keduanya alumni ITB (Institut Teknologi Bandung). Itu bagus. Mudah-mudahan standar etika pejabat kita semakin lama semakin tinggi,” kata Rizal yang juga alumni perguruan tinggi di Bandung itu.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Eka