Man using phone under table

Jakarta, Aktual.com — Musim liburan telah tiba. Sejumlah tempat wisata saat ini tengah dipenuhi masyarakat yang sedang menikmati masa liburan. Namun tak semua orang merasakan liburan, ada beberapa orang yang lebih menghabiskan waktu mereka di rumah dan menyibukkan diri dengan media sosial.

Namun tahukah Anda bahwa para ahli mengatakan, media sosial bertanggung jawab atas meningkatnya tingkat kecemasan Anda dan membuat anda justru lebih cenderung menjadi stres. Hal tersebut dikatakan oleh dr. Pamela Rutledge, Direktur Media Psikologi Research Center seperti dilansir dari laman HuffingtonPost, di mana media sosial penuh dengan segala kecemasan.

“Media sosial itu penuh dengan segala kecemasan. Apakah ketika Anda datang ke pesta dan bergaul bersama sekelompok orang Anda akan merasa cemas? bertemu dengan seseorang merupakan salah satu cara untuk menghilangkan kecemasan,” ujar Rutledge.

Hal itu dikatakan oleh Rutledge merujuk pada peristiwa seperti saat terjadinya serangan teroris di Paris, bagaimana media mengolah berita sedemikian rupa hingga menimbulkan sebuah kecemasan bagi masyarakat yang melihatnya di media sosial. Timbul kecemasan, komentar panas, amarah, serta asas politik yang membuat suasana semakin memanas.

Dengan melihat peristiwa tersebut, Rutledge merasa bahwa sesungguhnya dunia merupakan tempat yang mengerikan.

“Kami melihat semua hal ini dan mulai merasa seakan dunia adalah tempat yang sangat menakutkan,” kata Rutledge.

Hal serupa juga dikatakan oleh Dr Anne Marie Albano, Direktur dari University Clinic Columbia. Ia mengatakan, bahwa media sosial memang dapat membawa kecemasan pada seseorang seperti ancaman teror, kejahatan dan lainnya.

Oleh sebab itu, ketika Anda merasa ingin mencari kenyamanan dan melupakan segala kecemasan, beralihlah dari handphone Anda. Karena Anda akan lebih merasa tidak nyaman dalam mengisi liburan Anda, jika terlalu banyak menghabiskan waktu dengan gadget Anda.

Passengers waiting in an airport departure lounge
Passengers waiting in an airport departure lounge

Tetapi ada beberapa cara sehat yang bisa Anda lakukan yang disarankan oleh dokter agar Anda dapat menghilangkan stres serta kecemasan Anda. Di antaranya:

1. Tenangkan diri dan meditasi
Dr.Anne mengatakan, bahwa selalu ada saja yang membuat kita kesal. Lalu cobalah tenangkan diri anda dengan bermeditasi dan mengambil nafas dalam untuk menjernihkan pikiran. Hal lainnya mungkin Anda dapat mempersiapkan buku, film atau musik yang dapat membawa Anda keluar dalam suasana tegang atau membosankan.

2. Buat janji bertemu dengan teman dan keluarga
Saat diri Anda merasa sedang stres dan frustasi, cobalah menghubungi saudara, teman atau kekasih Anda untuk berkomunikasi. Beban dalam pikiran Anda perlahan akan menurun, dibandingkan jika Anda hanya duduk diam memantau media sosial dalam smartphone Anda.

3. Bersyukur
Rutledge mengatakan, “Set alarm Anda pada jam tangan Anda atau saat telepon berbunyi pada Anda setelah satu jam. Berhenti dan berkata, ‘Aku bersyukur itu adalah hari yang cerah. Saya berterima kasih atas cangkir kopi ini. Saya bersyukur atas sepatu bagus.” Karena menurut Rutledge, hal sekecil apapun yang Anda lakukan akan terasa besar manfaatnya bila Anda selalu mensyukurinya.

4. Berpergian keluar
“Ketika ada acara keluarga , dan Anda tidak mengikutinya, sebaiknya Anda mencoba mencari agenda lain untuk keluar dari rumah. Itu di mana Anda dapat terhubung dengan teman, dan menghilangkan stres dibandingkan dengan sibuk di media sosial,” demikian kata Albano. (Sumber: Huffington Post)

Artikel ini ditulis oleh: