New York, Aktual.com – Polisi Kota New York, Amerika Serikat, mengaku siap mengamankan jalannya malam pergantian tahun 2015-2016, Kamis (31/12). Pasalnya, kota tersebut akan memusatkan perayaan malam pergantian tahun itu di Times Square.

“Kami siap. Kami adalah kota paling siap di seluruh negeri, termasuk kesiapan untuk mencegah terorisme dan menangani setiap peristiwa yang mungkin terjadi,” kata Wali Kota New York, Bill de Blasio dalam konferensi persnya, Rabu (30/12) WIB.

Diperkirakan satu juta orang akan memadati kawasan One Times Square pada saat penurunan bola kristal Malam Tahun Baru, sebuah tradisi yang dimulai sejak 1907 dan hanya tidak dilakukan pada masa perang.

Akibat serangan oleh kelompok bersenjata yang mengatasnamakan Islam di San Bernardino, California, dan Paris, kota tersebut akan mengerahkan unit antiteror Komando Tanggap Kritis termasuk lebih banyak petugas bersenjata untuk berpatroli di sekitar Times Square.

Unit yang dilatih untuk mendeteksi dan merespons rencana serangan ditugaskan beberapa hari sebelum Parade Hari Raya Thanksgiving.

“Petugas keamanan yang berkomunikasi menggunakan ponsel pintar dan pengeras suara itu akan dikerahkan untuk membubarkan acara dan mengevakuasi orang-orang, kapanpun diperlukan,” ujar Komisaris Polisi William Branton.

Branton menambahkan bahwa sejauh ini tidak terdapat ancaman terhadap Kota New York.

Artikel ini ditulis oleh: