144954581

Jakarta, Aktual.com — Pada tahun 2015, kita khususnya di dunia Islam banyak mengalami momen besar yang membanggakan Muslim hingga momen yang mengerikan. Bahkan menyebabkan rasa sakit tersendiri yang tak terhitung bagi umat Muslim.

Dari serangan Charlie Hebdo di bulan Januari, serangan Paris pada bulan November, dan serangan San Bernardino di bulan Desember. Tak hanya, membuat warga setempat mengalami kerugian tetapi juga mengakibatkan jatuhnya nama Islam yang dikecam sebagai teroris dan menjadi perbincangan yang mendominasi berita utama di negara seluruh dunia.

Kejahatan, kebencian, dan sentimen anti-Muslim sangat melejit di tahun 2015 bahkan Sikh dan Hindu Amerika terkena dampak akan kebencian tersebut. Sampai menyebabkan fanatik menyerang Muslim di Amerika Serikat tanpa mau tahu perbedaan antara, Sikh, Hindu, dan Muslim.

Oleh karena itu di awal tahun ini kita bisa merubah pola fikir mereka dengan cara menepis informasi yang salah dan ekstremisme terhadap Muslim, dengan memulai kerja sama maka perdamaian akan tercipta. Dan, itu semua bisa kita mulai dari 16 hal sederhana sebagai berikut:

1. Pergi ke Masjid setempat dan beritahu kita sebagai Muslim juga merayakan Tahun Baru.

2. Dukung calon yang memberikan kebebasan dalam beragama bagi setiap orang.

3. Saling menyayangi, walau berbeda keyakinan.

4. Berikan pengetahuan tentang setiap agama kepada anak Anda, karena ini akan membuat mereka lebih penyayang serta cerdas.

5. Pelajari tentang keteladanan dan filosofi hidup Nabi Muhammad SAW dan sifat Rasulullah SAW.

6. Pelajari Islam dengan membaca Al Quran.

7. Ketahui bahwa Muslim tidak mengenal ras dan kasta

8. Memahami bahwa banyak Muslim di Amerika, bahkan telah bertugas sebagai Angkatan Bersenjata di setiap perang sejak didirikan Amerika.

9. Mengerti bahwa Islam sangat melarang bahkan membenci terorisme, karena Islam adalah agama yang cinta damai.

10. Memahami bahwa tujuan utama Islam adalah membawa umat manusia lebih dekat kepada Allah SWT dalam iman pribadi, dan saling mengasihi antar sesama.

11. Saling menghormati dan menyapa sesama.

12. Memahami bahwa Muslimah yang memilih memakai jilbab karena perintah Allah SWT dan telah tertulis di dalam Al Quran

13. Lakukan jihad yang benar seperi melawan kelaparan di Amerika dan seluruh dunia.

14. Melakukan donor darah tahunan untuk menghormati korban 9/11.

15. Mengikuti kampanye bahwa Islam bukanlah teroris, dan ikut membantu untuk melawan ekstremisme dan terorisme

16. Dan, yang terakhir yang paling penting pada tahun 2016 perbanyak teman sesama Muslim agar bisa saling menjaga dan mengingatkan.

Semoga di tahun 2016 ini kita bisa melihat dan merasakan hangatnya perdamaian, secara individual sebagai bangsa dan sebagai manusia yang beradab. (Reporter Aktual.com: Refly Mulyadi)

Artikel ini ditulis oleh: