Jakarta, Aktual.com — Partai Gerindra hanya tinggal sendiri berada di Koalisi Merah Putih (KMP). Setelah, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kini ditengarai telah mendukung pemerintahan.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan setiap partai politik boleh menentukan sikapnya untuk bergabung dengan pemerintah.

“Itu hak setiap parpol tentukan sikap mau dukung pemerintah atau masuk pemerintahan. Itu sikap terserah partai. Gerindra jelas sudah menetapkan berada diluar pemerintahan!” ujar Fadli di DPR, Kamis (7/1).

Meski enggan menanggapi lebih jauh perihal partai lain yang hengkang dari KMP, Fadli menegaskan partai berlambang burung garuda itu tetap harus pada posisi mengontrol pemerintahan.

“Ini demi kebaikan demokrasi kita. Kalau semua dukung pemerintah apa yang salah semua jadi benar, sehingga tidak ada lagi yang lakukan kontrol,” jelas Fadli.

Plt Ketua DPR ini menegaskan, tidak ada masalah jika nantinya Gerindra tunggal di KMP. Sebab, harus ada penyeimbang agar masih ada pengkritik kebijakan pemerintah yang salah.

“Kita nggak masalah walaupun sendirian nggak ada masalah. Tapi saya yakin partai di KMP tetap berhimpun di KMP. Prabowo juga bilang dari awal walau sendirian nggak ada masalah. Selama ini keberadaan KMP tetap dibuthkan sebagai kekuatan untuk mengawasi,”

“KMP kan sikapnya program pemerintah yang baik kita dukung, salah kita koreksi. Saya kira sangat objektif dan fair,” tutup dia.

Artikel ini ditulis oleh: