Pelaksana Tugas Harian (PLH) Ketua Umum DPP Partai Golkar, Nurdin Halid (kanan) berbincang dengan Sekjen DPP Partai Golkar, Idrus Marham (kiri) dalam Rapat Konsultasi Nasional Partai Golkar di Sanur, Denpasar, Senin (4/1). Rapat konsultasi selama dua hari tersebut dihadiri jajaran pimpinan DPP dan DPD Partai Golkar seluruh Indonesia untuk konsolidasi partai menyangkut kondisi partai pasca pencabutan kepengurusan DPP Golkar hasil Munas Ancol oleh Kementerian Hukum dan HAM, program kerja partai, evaluasi hasil pilkada serentak 2015 sekaligus proyeksi pilkada 2017. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/ama/16.

Jakarta, Aktual.com — Konflik kepengurusan Partai Golkar hingga saat ini belum tuntas. Bahkan semakin kacau dengan terjadinya perombakan di tubuh fraksi Golkar DPR RI. Direktur Kajian Politik Indonesia Development Monitoring, Bin Tresnadi menyebut konflik Golkar mirip dengan yang terjadi pada Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

“Nasib Golkar tidak beda jauh dengan Organisasi Sepak Bola PSSI ,seperti ada tapi tidak ada,” ujarnya dalam siara pers yang diterima Aktual, Jumat (8/1).

Nasib kepengurusan partai golkar yang tidak jelas hingga saat ini sama seperti PSSI. Namun anehnya pihak-pihak yang berseteru di kedua permasalahan itu tetap sama.

“Misalnya Kisruh PSSI itu dimulai ketika dibawah kepemimpinan Nurdin Halid ,dibelakangnya ada Nirwan Bakrie,tidak jauh beda dengan Golkar yang sekarang menjadi Partai Ilegal dipihak Munas Bali juga yang jadi motor Nurdin Halid dan Nirwan,” ujarnya.

Kedua Organisasi ini juga sama sama saling gugat guatan dipengadilan Tata Usaha Negara (TUN) yang digugat juga pemerintah.

“Nah ini dia yang perlu kita telusuri apakah nasib Golkar nantinya akan sama seperti PSSI yang tidak diakui oleh FIFA ,Sedangkan Golkar nantinya juga tidak di akui KPU untuk bertanding di Pilkada 2017 dan Pemilu 2019,” tegasnya.

Bin berharap tokoh Golkar dapat segera menyelesaikan permasalahan yang saat ini menghancurkan partai.

“Jangan sampai juga menjadi kenyataan kalau kedua Tokoh seperti Nurdin Halid Dan Nirwan Bakrie akhirnya akan membuat Golkar bernasib seperti PSSI,” ujarnya.

Artikel ini ditulis oleh: