Denpasar, Aktual.com – Pemerintah Australia menawarkan bantuan apapun ke Indonesia, pasca serangan di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (14/1).

Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop MP, mengaku sudah menghubungi Menlu RI Retno Marsudi menawarkan bantuan itu.

“Untuk memberi tanggapan pada serangan ini,” kata Bishop, dalam siaran resmi yang diterima Aktual.com. Namun dia tidak menjelaskan bagaimana tanggapan dari Menlu Retno atas tawaran Australia.

Sementara itu, kata dia, travel warning bagi warga Australia di Indonesia juga langsung di-update. Mereka diminta menghindari wilayah Sarinah di Jalan Thamrin di Jakarta Pusat, dan mematuhi instruksi-instruksi pihak berwenang setempat.

“Tingkat nasihat perjalanan secara keseluruhan tidak berubah dan kami terus memberi nasihat kepada warga Australia untuk menerapkan sikap berhati-hati yang tinggi di Indonesia,” pesan Bishop.

Dia juga meminta warga Australia untuk menghubungi langsung anggota keluarga atau sahabat yang berada di kawasan Sarinah.

“Bila Anda tidak dapat menghubungi mereka dan masih merasa khawatir atas mereka keselamatan mereka, Anda harus menelepon Pusat Darurat Konsulat 24 jam Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia” kata dia.

Artikel ini ditulis oleh: