Surabaya, Aktual.com — Kader muda Nahdlatul Ulama Lampung, Dr Kiai Andi Ali Akbar MAg, menulis buku tentang prinsip dasar transaksi syariah.

Menurut Andi Ali Akbar yang juga dewan pengasuh Pondok Pesantren Nurul ‘Ulum Kauman, Kotagajah, Lampung Tengah, Lampung, dalam penjelasan di Bandarlampung, Minggu (31/01), keinginannya menulis buku berjudul “Prinsip-prinsip Dasar Transaksi Syari’ah” ini adalah bentuk kegelisahan terhadap berbagai problematika ekonomi sebagaimana tertuang dalam contoh kecil di tengah masyarakat saat ini.

Karena itu, Andi yang juga A’wan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi Lampung masa khidmat 2012–2017 itu, menulis dan menerbitkan buku tersebut termotivasi untuk mencoba menampilkan kembali dasar pemikiran Ulama salaf tentang sistem akad dan aturan transaksi secara Islami.

KH Hisyam Syafa’at SSosI MH selaku pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Blok Agung Bayuwangi, Jawa Timur, menulis dalam kata sambutan buku itu, menyatakan sangat mengapresiasi atas penerbitan buku karya kiai muda NU Lampung yang juga alumnus Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya, Jawa Timur sekaligus jebolan Pondok Pesantren Darussalam Blok Agung Bayuwangi, Jawa Timur.

Menurut ia, Andi Ali Akbar menulis dalam gaya bahasa yang sangat mudah, praktis, dan ensiklopedis.

“Semoga buku ini turut memperkaya khazanah ilmu pengetahuan tentang sistem ekonomi Islam di Tanah Air,” ujar ia kepada pewarta berita.

Buku karya Dr Kiai Andi Ali Akbar MAg yang berjudul “Prinsip-prinsip Dasar Transaksi Syari’ah” itu diterbitkan oleh Yayasan Pondok Pesantren Blok Agung, Karang Doro, Tegal Sari, Banyuwangi, Jawa Timur, tahun terbit: Cetakan Pertama, Mei 2014, dengan nomor ISBN: 9786021421826, dengan editor Tim Mufada (Musyawarah Fathul Qorib dan Fathul Mu’in Darussalam) Blok Agung, Jawa Timur.

Artikel ini ditulis oleh:

Antara