Denpasar, Aktual.com – Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Hinca Panjaitan berpendapat partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono di Bali perlu ‘penyegaran’.

Demi mencapai target raupan suara 30 persen untuk Pemilu di 2018 dan 2019 mendatang. “Kita butuh ribuan orang, bukan satu orang pemimpin. Bali perlu penyegaran. Kita serahkan kepada mekanisme yang ada,” kata dia, di Kantor DPD Demokrat Bali, Senin (1/2).

Menanggapi itu, Ketua DPD Partai Demokrat Bali, I Made Mudarta mengaku siap mengemban tugas menangkan Demokrat. “Yang lemah akan kami perkuat,” papar dia.

Kendati demikian, dia enggan ‘membocorkan’ strategi apa yang bakal digunakan untuk genjot raupan suara Demokrat di Pulau Dewata. Yang pasti, dia mengklaim Demokrat punya basis massa riil dan konsisten di Bali.

Kata dia, kisaran raupan suara Demokrat di Bali sekitar 18 persen. Bali, ujar Mudarta konsisten mengirim dua perwakilan di DPR RI, di saat raupan suara di daerah lain justru alami penurunan.

“Kami juga memenangkan Pilgub Bali pada 2013 lalu. Ke depan bisa bertambah,” ujar dia optimis.

Menanggapi tugas meraih target raupan suara nasional yang dipatok di 30 persen, kata dia, maka daerah wajib menyesuaikan. “Sejak tahun 2004 di Bali beberapa kluster sudah ‘biru’ (warna khas Demokrat),” ucap dia.

Artikel ini ditulis oleh: