Ahli kesehatan Willian Arya menunjukkan budidaya larva nyamuk Aedes aegyti di laboratorium Kementerian Kesehatan di San Jose, Kosta Rika, Rabu (27/1). Kementerian Kesehatan mengonfirmasi pada hari Selasa, kasus pertama virus Zika di negara tersebut, menurut media lokal. ANTARA FOTO/REUTERS/Juan Carlos Ulate/cfo/16

Madrid, Aktual.com – Tujuh kasus Virus Zika, dilaporkan telah terjadi di Spanyol. Dari tujuh kasus tersebut, satu terjadi pada perempuan hamil.

Dikutip dari Xinhua, Jumat (5/2), Kementerian Kesehatan Spanyol menyatakan bahwa, ketujuh orang tersebut terinfeksi setelah mereka mengunjungi negara yang terpengaruh oleh virus itu.

Perempuan hamil tersebut, yang didiagnosis di Wilayah Catalonia di bagian timur-laut Spanyol, hamil antara 13 dan 14 pekan dan kini ditempatkan di bawah pengawasan, sebab Virus Zika berkaitan dengan kasus mikrosefali pada bayi yang baru dilahirkan.

Menurut Kementerian itu, ada tiga kasus di Catalonia, dua di Wilayah Murcia di bagian selatan negeri tersebut, dan dua di Castilla Leon di Spanyol Tengah.

Kementerian itu menyatakan bahwa mungkin ada lebih banyak orang yang terinfeksi, tapi kasus tersebut takkan dilaporkan sampai semuanya dikonfirmasi oleh Pusat Mikrobiologi Nasional.

Kementerian Kesehatan Spanyol berencana membuat penilaian mingguan terhadap mereka yang diperiksa positif terinfeksi virus itu.

Kementerian tersebut juga menyatakan bahwa tak ada resiko penyebaran Virus Zika di Spanyol, sebab semua kasus yang dilaporkan berasal dari negara yang terpengaruh.

Artikel ini ditulis oleh:

Antara