Kuasa hukum Pengelola Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang Yusril Ihza Mahendra memberikan keterangan terkait kisruh dengan Pemprov DKI Jakarta terkait pengelolaan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang di Jakarta, Selasa (3/11). PT Godang Tua Jaya dan PT. Navigat Organic Energy Indonesia yang mengelola sampah DKI Jakarta di Bantar Gebang berharap dapat segera berdialog dengan Pemprov DKI Jakarta untuk menyelesaikan permasalahan pengelolaan TPSP Bantar Gebang tanpa harus melalui proses hukum di pengadilan. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc/15.

Jakarta, Aktual.com — Wakil Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan mengatakan partainya hingga kini belum membicarakan calon yang akan diusung dalam Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Partainya menekankan sejumlah persyaratan bagi calon yang akan maju melalui PKB.

“Kita ingin calon kita itu bisa membuat ibu kota yang sejajar, khususnya di bidang jasa, dengan ibu kota besar negara lain,” terang Daniel disela-sela pengarahan Mukernas PKB di JCC Senayan, Jumat (5/2).

Ibu kota Jakarta sebagai wilayah dengan jumlah penduduknya yang multi ras, ditekankan PKB harus menjadi kosmopolitan yang bisa melindungi segenap warganya. Hal itu harus ada pada calon yang menginginkan maju dari PKB.

Bagaimana dengan nama Yusril Ihza Mahendra? Danil menyatakan partainya belum membicarakan hal tersebut. Meski secara pribadi ia mendorong Yusril apabila serius maju sebagai Cagub PKB.

“Kita sambut, soalnya kalau misalnya sendirian, jadi ga ada Pilgub. Tetapi dalam Mukernas kali ini satu yang dibahas adalah rekomendasi Pilgub lewat DPR,” kata Danil.

Pilkada lewat DPR RI hanya berlaku untuk Pilgub, sementara untuk Pilkada Kabupaten/Kota tetap dilaksanakan daerah. Alasan pemilihan Pilgub lewat DPR ini didasari semangat Pancasila, khususnya butir ke-4. Kemudian yang tidak kalah penting, Kepala Daerah Gubernur adalah wakil dari pemerintah pusat.

“Kalau misalkan disetujui sidang Mukernas dan akan jadi rekomendasi, kita akan galang kekuatan diparlemen,” demikian Danil.

Artikel ini ditulis oleh: