California, Aktual.com – Persaingan Amerika Serikat-Tiongkok jadi alasan kuat yang melatarbelakangi Presiden AS Barrack Obama undang pimpinan negara Asia Tenggara yang tergabung di ASEAN datang jauh-jauh ke California.

Negeri Paman Sam jelas mengakui, pertemuan itu memang untuk memperkuat pengaruh mereka di bidang perdagangan dan politik di kawasan Asia Tenggara.

Sebagai simbol ngototnya AS mau jadi ‘kekuatan’ penyeimbang di Asia Tenggara (dari pengaruh Tiongkok tentunya) lokasi pertemuan selama dua hari pun digelar di lokasi yang sama saat Obama undang Presiden Tiongkok Xi Jinping. Yakni di sebuah resor di California, Sunnylands.

“Kami ingin membuat jelas bahwa Amerika Serikat akan jadi bagian dari pengaturan agenda di Asia Pasifik dalam beberapa dekade ke depan,” kata Wakil Penasehat Keamanan Nasional Gedung Putih Ben Rhodes, seperti dilansir dari Reuters, Senin (15/2).

Di urusan politik, Obama bahas persoalan Laut Cina Selatan. Selain tentunya mereka akan juga cari dukungan negara ASEAN untuk cekal Korea Utara dan memerangi ISIS.

Apa yang disasar Obama dengan bersusah payah undang pimpinan negara ASEAN datang ke California, sebenarnya bukan hanya demi kepentingan politik luar negeri AS saja. Tapi juga untuk mendapat keuntungan lain di dalam negeri mereka. Yakni meraup penilaian positif publik AS, setelah Obama lengser kelak.

Kata Rhodes, Obama ingin ‘dikenang’ sebagai presiden yang berhasil membangun poros perdagangan dan kebijakan luar negeri yang memperkuat posisi AS di kawasan Pasifik.

Artikel ini ditulis oleh: