Sektor UMKM Hadapi MEA (AktuaL/Ilst.Nelson)
Sektor UMKM Hadapi MEA (Aktual/Ilst.Nelson)

Jakarta, Aktual.com — Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga menegaskan bahwa Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) berbeda dengan Trans Pasific Partnership (TPP).

Menurutnya MEA bertujuan memperkuat ekonomi negara-negara satu kawasan. Untuk itu Menkop meminta pelaku UKM tidak perlu takut dengan masuknya era MEA.

“MEA ini bukan perdagangan bebas, beda dengan TPP, MEA ini adalah bagian dari Masyarakat ASEAN yang tujuannya meningkatkan masyarakat ekonomi di ASEAN. Jadi kita tidak perlu takut,” kata Menkop Puspayoga dalam kunjungan kerjanya ke Solo, Jawa Tengah. Demikian dikatakan dalam rilis yang diterima Aktual.com di Jakarta, Kamis (18/2).

Selanjutnya Puspayoga meminta UKM meningkatkan kualitas produk, dan SDM pelaku usahanya, hal ini agar masing-masing bisa bersaing dengan mengutamakan prinsip saling ketergantungan diantara negara-negara ASEAN.

“Karena pada dasarnya semua negara yang ada di ASEAN itu punya kelebihan dan punya kekurangan,” kata Puspayoga.

Sehingga dalam pandangannya kelebihan masing-masing negara inilah yang bisa saling sharing dengan negara lain.

Jika satu negara mengalami kekurangan, maka bisa minta bantuan negara lain, sehingga perlu sinergitas antara negara-negara ASEAN, supaya mampu menciptakan ekonomi kawasan yang kuat.

“Sekali lagi MEA ini bukan perdagangan bebas, beda dengan TPP, beda dengan perdagangan bebas lain. Jadi memang ini bisa kuat kita bisa menghadapi perdagangan bebas dengan negara-negara lain,” pungkasnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Reporter: Dadangsah Dapunta
Editor: Arbie Marwan