Beijing, Aktual.com – Kementerian Luar Negeri China mengatakan, Amerika Serikat, tidak usah ikut campur dalam sengketa Laut China Selatan. Pasalnya, negeri Paman Sam itu, tidak terlibat langsung dengan persoalan tersebut.

“AS tidak terlibat dalam sengketa Laut China Selatan, dan ini tidak dan seharusnya tidak menjadi sebuah masalah antara China dan Amerika Serikat,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Hua Chunying dalam konferensi pers harian, seperti diberitakan Reuters, Senin (22/2).

China, kata Hua, berharap AS menepati janjinya untuk tidak memihak dalam sengketa itu dan berhenti “melebih-lebihkan” masalah dan ketegangan, khususnya terkait posisi militer “terbatas” China di sana.

Hua mengungkapkan, Pengerahan militer negaranya di Laut China Selatan, tidak berbeda dari penempatan militer Amerika Serikat (AS) di Hawaii.

“China yang menempatkan sarana pertahanan terbatas dan penting di wilayahnya sendiri tidak jauh berbeda dari Amerika Serikat yang mempertahankan Hawaii,” ujar Hua.

Kapal-kapal dan pesawat AS yang sering melaksanakan patroli dekat dengan pengawasan dalam beberapa tahun terakhir, kata Hua, adalah apa yang telah meningkatkan ketegangan kawasan.

“Itu adalah yang merupakan penyebab terbesar militerisasi Laut China Selatan. Kami berharap bahwa Amerika Serikat tidak memusingkan benar dan salah dalam masalah ini atau melakukan standar ganda,” tegasnya.

Bahkan, Hua mengungkapkan, negaranya siap bertempur menjelang kunjungan Menteri Luar Negeri Wang Yi ke Amerika Serikat pekan ini.

Artikel ini ditulis oleh:

Antara