Jakarta, Aktual.com – Ratusan bangunan liar di bantaran Kali Apuran, Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (23/2) pagi, dibongkar. Pembongkaran dilakukan oleh Pemerintah Kota Jakarta Barat.

Dikatakan Wali Kota Jakbar H. M Anas Efendi, sebanyak 125 unit bangunan diratakan dengan tanah oleh pihaknya, yang akan diperuntukkan sebagai pembuatan jalan inspeksi di bahu Kali Apuran.

“Langsung di turap dari Kapuk sampai Cengkareng,” ucapnya di lokasi penertiban.

Anas menambahkan, bahwa penertiban kali ini merupakan upaya lanjutan dari program normalisasi sungai, yang pernah dilakukan pihaknya, sehingga tidak ada sosialisi sebelumnya.

“Ini lanjutan, mereka sudah pernah ditertibkan tapi balik lagi. Jadi cuma pemberitahuan doang (saja) mau digusur, mau ditertibkan,” imbuhnya.

Usai melakukan penertiban, rencananya Kali Apuran akan langsung dipasang sheet pile dan juga akan dilakukan pengerukan pada kali tersebut.

“Sebulan lah bisa. Pokoknya sebelum dateng hujan bisa kelar,” sambung Anas.

Berdasarkan pantauan Aktual di lapangan, penggusuran tersebut sempat mendapat perlawanan dari warga Rt 06/10, yang digusur Pemkot Jakbar. Petugas pun menembakkan gas air mata untuk membubarkan warga.

Beberapa warga ada yang menangis dan pingsan melihat rumahnya diratakan oleh alat berat.

Artikel ini ditulis oleh: