Jakarta, Aktual.com – Dinas Sosial DKI akan tampung para eks PSK Kalijodo ke panti sosial. Mereka akan diajari mencari nafkah dengan cara lain, agar tidak kembali ke dunia prostitusi.

Para mantan PSK Kalijodo akan ditampung di Panti Sosial Bina Karya Wanita (PSBKW) Harapan Mulia,di Kembangan, Jakarta Barat.

Kepala PSBKW Etty Supriati mengatakan akan dilakukan pembinaan selama enam bulan. “Akan diberikan keterampilan menjahit, tata boga, salon, dan masih banyak lagi yang akan kami berikan” ujar Etty, di kantornya, Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (23/2).

Selain memberikan pelatihan kerja, Etty menambahkan bahwa pihaknya juga akan memberikan bekal rohani agar tidak kembali menjalani profesi yang pernah mereka lakui di Kalijodo.

“Di sini kami akan berikan pembinaan sosial, fisik, mental, dan spritual. Mereka diberikan bimbingan sosial juga untuk mengubah mindset dan perilaku,” sambung Etty.

Dari semua itu, Etty berharap nantinya mereka bisa menjalani kehidupan yang diterima oleh masyarakat, “Kami berharap nanti mereka bisa kembali dan hidup normal di masyarakat,” tutur Etty.

Lanjut Etty, untuk mendapatkan pelatihan tersebut tidaklah susah. Mereka cukup melaporkan diri ke posko yang sudah disediakan untuk warga Kalijodo. Di posko tersebut mereka akan disambut oleh petugas Kepala Dinas Sosial Kecamatan (KDSK) yang akan melakukan pendataan untuk pembinaan di PSBKW Harapan Mulia.

“Setelah pendataan, mereka akan diantarkan ke Panti Sosial Bina Insan (PSBI) untuk ditampung sementara. Setelah itu dirujuk ke panti ini. Mereka akan dibina maksimal enam bulan di sini,” tutur dia jelas.

Sayangnya, kendati sudah disiapkan sarana dan prasarananya, Etty mengakui bahwasanya belum ada satupun dari pekerja seks dari Kalijodo yang datang kepadanya untuk dibina.

Artikel ini ditulis oleh: