Padang, Aktual.com – Gempa berkekuatan 7,8 Skala Richter berpotensi Tsunami menguncang sejumlah wilayah di Sumatera Barat. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Rabu (2/3) sekira pukul 19.49 WIB.

Awalnya, BMKG merilis gempa berkekuatan 8,3 SR namun direvisi menjadi 7,8 SR.

Berdasarkan data BMKG, gempa berasal pada 682 Kilometer Barat Daya Kepulauan Mentawai dengan kedalaman 10 Kilometer. Gempa ini pun berpotensi Tsunami.

Berdasarkan pantauan di lapangan, terlihat sesaat setelah gempa masyarakat masih tenang di depan rumahnya masing-masing.

Namun, setelah dikeluarkannya peringatan Peringatan Ancaman Tsunami oleh BMKG melalui saluran televisi, sosial media dan lainnya, masyarakat pun langsung berhamburan.

Terpantau, setelah gempa, kepadatan arus lalu lintas terjadi pada sejumlah jalan seperti dikawasan Bypass, Simpang Alai, Simpang Sawahan, Simpang Andalas dan kawasan Pondok, Kota Padang.

Tak hanya itu, sejumlah shelter yang ada seperti di Tabing dan SMPN 25 Padang dipenuhi masyarakat yang ingin mengungsi.

Saat ini, masyarakat sendiri sudah terlihat kembali kerumahnya masing-masing. Namun demikian, masih banyak terlihat masyarakat yang masih memilih menetap pada daerah ketinggian seperti Indarung dan Pauh.

Artikel ini ditulis oleh: